Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis data penjualan (wholesale) yang mencapai 126.165 unit pada periode Januari-Agustus 2014. Angka tersebut naik sembilan persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, atau sebesar 115.612 unit.
Selain itu, kondisi penjualan di pasar ritel (dealer ke konsumen) juga diklaim naik sebanyak tujuh persen. Selama delapan bulan penjualan ritel Daihatsu mencapai 122.622 unit, dari sebelumnya hanya 114.364 unit.
Dalam tatanan wholesale, kontribusi penjualan terbesar datang dari Gran Max dengan 44.567 unit atau 35,31 persen terhadap total penjualan Daihatsu. Terdiri dari model pikap 35.089 unit atau 27,81 persen dan minibus 9.478 unit (7,51 persen).
Model terlaris kedua datang dari Xenia dengan 32.736 unit (25,95 persen), disusul di peringkat ketiga dengan Ayla 29.898 unit (23,7 persen). Selanjutnya masih ada Terios dengan 13.351 unit (10,58 persen), Sirion 2.810 unit (2,23 persen), dan Luxio 2.803 unit (2,22 persen).
Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM dalam keterangan resminya, Rabu (3/9/2014) mengaku, performa Daihatsu dalam delapan bulan terakhir masih positif. Selanjutnya diharapkan performa penjualan bisa terus tumbuh dalam empat bulan terakhir tahun ini.